MSDM
adalah pemanfaatan para individu untuk mencapai tujuan organisasi.Manajer perlu mempelajari mengenai MSDM sebab pada dasarnya semua
manajer membuat segala sesuatunya terselesaikan melalui upaya orang lain, ini
memerlukanMSDM yang efektif. Para individu yang berurusan dengan dengan masalah
SDM menghadapi sejumlah tantangan besar besarseperti tenaga kerja yangberubah
terus menerus hingga peraturan pemerintah, bencanaalam dll.
Fungsi MSDM
Penyedia staf merupakan proses yang menjamin suatu
organisasi untuk selalu memiliki jumlah karyawanyang tepat dengan keahlian
yangmemadai dalam pekerjaan yangtepat, pada waktu yang tepatuntuk mencapai
tujuan organisasi2.
Pengembangan
SDM
adalah tujuan utama MSDMbukan hanya pelatihan
danpengembangan namun jugaaktifitas perencanaan danpengembangan karier
individu,pengembangan organisasi, sertamanajemen dan penilaianpekerja3.
Kompensasi
Mencakup semua imbalan total yangdiberikan kepada
karyawansebagai timbal balik untuk jasamereka. Imbalan tersebut dapatberupa
kompensasi financial,kompensasi financial tidaklangsung dan kompensasi nonfinancial.
Keselamatan
danKesehatan
, keselamatan adalah perlindungan bagi karyawan dariluka
luka yang disebabkankecelakaan yang terkait dengan pekerjaan sedangkan
kesehatan adalah bebasnya para karyawandari sakit mental atau fisik5.
Hubungan
karyawandengan perburuhan
, suatu perusahaan dituntut oleh hukum untuk mengakui
serikat pekerjadan berunding dengan itikad baik jika para karyawan diperusahaan
yang bersangkutanmenginginkan serikat pekerjamewakilinya
Lingkungan
eksternal
Adalah
factor factor di luar batasansuatu organisasi yangmempengaruhi peraturan SDMperusahaan tsb. Pasar tenagakerja,
pertimbangan legal,masyarakat, serikat pekerja,pemegang saham,
pesaing,pelanggan, teknologi, ekonomi,peristiwa tak terdugaPihak yang
menjalankantugas MSDM1.
Manajer SDM adalah individu yang biasanyabertindak dalam kapasitas pemberian nasihat atau
staf,bekerja dengan para manajerlainnya untuk membantumereka menangani
masalah-masalah SDM2.
Alih daya SDM adalah proses menggunakan pemasok jasa eksternal untuk menjalankan pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan
secarainternal3.
Pusat layanan bersamaSDM adalah pusat
yang manangani aktifitas rutin yang berbasis transaksi yang tersebar di seluruh
penjuru organisasi dan menggabungkannya di satutempat4.
Organisasi
pemberi kerja professional adalah perusahaan yang menyewakan karyawan kepada perusahaan perusahaan lain
– lain.
Manajer Lini adalah individu
yang secara langsung terlibat dalam perencanaan tujuan utama organisaai
Analisis kerjaan adalah
proses sistimatis untuk menentukan keterampilan, tugas dan pengetahuan yang
dibutuh kanuntuk menjalankan suatu pekerjaan
dalam suatuorganisasi.
Analisa
pekerjaan dianggap penting
karena setiap pekerjaan baru tercipta, pekerjaan lama menjadi
terhapus atau dirancang ulang, analisa pekerjaan memberikan ringksaan
mengenaikewajiban dan tanggung jawab suatu pekerjaan, hubungannya dengan
pekerjaan lain,pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dan lingkungan lingkungan
kerja.
Analisa
pekerjaan dilaksaanakan pada tiga saat
:
1.pada saatorganisasi didirikan 2.ketika tercipta
pekerjaan baru 3. Ketika pekerjaan berubah signifikankarena teknologi
Deskripsi
pekerjaan
adalahdokumen yang memberiinformasi berkenaan
dengantugas, kewajiban dan tanggung jawab suatu pekerjaan.
Deskripsipekerjaan memberikan peryataan
yang ringkas mengenai apa yangdiharapkan untuk
dikerjakan olehkaryawan, bagaimana merekamengerjakannya, kondisi-kondisidimana
tugas dijalankan.
Spesifikasi
pekerjaan
adalahkualifikasi minimum yang dapatditerima, yang
harus dimilikiseseorang agar dapatmenjalankan
pekerjaan tertentu
Perencanaan SDM
(HRP)
Adalah proses sistimatis untuk mencocokan pasokan
karyawan internal dan eksternal dengan lowongan pekerjaan yang diperkirakan
muncul dalam organisasi di
sepanjang periode waktu tertentu Perekrutan
adalah prosesmenarik orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup dan
dengan persyaratan yang layak untuk mengisi lowongan dalam organisasi Alternatif perekrutan alih daya,karyawan tidak
tetap, organisasi pemberi kerja professional, kerja lembur Lingkungan eksternal
perekrutan kondisi pasar tenaga kerja,pertimbangan hukum Kebijakan promosi
adalah sebuah proses dimana seseorang dapat memiliki kesempatan untuk menduduki
jabatan diatasnya Model perekrutan internal
Pengumuman
pekerjaan
adalahprosedur untuk memberikanInformasi kepada
karyawanmengenai adanya lowonganpekerjaan.
Pengajuan
pekerjaan
adalah prosedur yang memungkinkan para
karyawanyang yakin bahwa mereka memenuhi persyaratan yangdiminta untuk melamar
padaposisi lowong yang di umumkan
Referensi
karyawan
Adalah penunjukan karyawan berprestasiuntuk mengisi
tempat yangkosongSumber-sumber perekrutaneksternal: SMA SMK, communitycollege, akademi universitas,pesaing dalam pasar tenagakerja, mantan
karyawan,pengangguran, personil
Tidak ada komentar:
Posting Komentar