MATERI


MSDM
adalah pemanfaatan para individu untuk mencapai tujuan organisasi.Manajer perlu mempelajari mengenai MSDM sebab pada dasarnya semua manajer membuat segala sesuatunya terselesaikan melalui upaya orang lain, ini memerlukanMSDM yang efektif. Para individu yang berurusan dengan dengan masalah SDM menghadapi sejumlah tantangan besar besarseperti tenaga kerja yangberubah terus menerus hingga peraturan pemerintah, bencanaalam dll.
Fungsi MSDM 
Penyedia staf merupakan proses yang menjamin suatu organisasi untuk selalu memiliki jumlah karyawanyang tepat dengan keahlian yangmemadai dalam pekerjaan yangtepat, pada waktu yang tepatuntuk mencapai tujuan organisasi2.
 Pengembangan SDM
adalah tujuan utama MSDMbukan hanya pelatihan danpengembangan namun jugaaktifitas perencanaan danpengembangan karier individu,pengembangan organisasi, sertamanajemen dan penilaianpekerja3.
 Kompensasi
Mencakup semua imbalan total yangdiberikan kepada karyawansebagai timbal balik untuk jasamereka. Imbalan tersebut dapatberupa kompensasi financial,kompensasi financial tidaklangsung dan kompensasi nonfinancial.
 Keselamatan danKesehatan
, keselamatan adalah perlindungan bagi karyawan dariluka luka yang disebabkankecelakaan yang terkait dengan pekerjaan sedangkan kesehatan adalah bebasnya para karyawandari sakit mental atau fisik5.
 Hubungan karyawandengan perburuhan
, suatu perusahaan dituntut oleh hukum untuk mengakui serikat pekerjadan berunding dengan itikad baik jika para karyawan diperusahaan yang bersangkutanmenginginkan serikat pekerjamewakilinya
Lingkungan eksternal 
Adalah factor factor di luar batasansuatu organisasi yangmempengaruhi peraturan SDMperusahaan tsb. Pasar tenagakerja, pertimbangan legal,masyarakat, serikat pekerja,pemegang saham, pesaing,pelanggan, teknologi, ekonomi,peristiwa tak terdugaPihak yang menjalankantugas MSDM1.

Manajer SDM adalah individu yang biasanyabertindak dalam kapasitas pemberian nasihat atau staf,bekerja dengan para manajerlainnya untuk membantumereka menangani masalah-masalah SDM2.

Alih daya SDM  adalah proses menggunakan pemasok jasa eksternal untuk menjalankan pekerjaan yang sebelumnya dikerjakan secarainternal3.

Pusat  layanan bersamaSDM adalah pusat yang manangani aktifitas rutin yang berbasis transaksi yang tersebar di seluruh penjuru organisasi dan menggabungkannya di satutempat4.

Organisasi pemberi kerja professional adalah perusahaan yang menyewakan karyawan kepada perusahaan perusahaan lain – lain.

Manajer Lini adalah individu yang secara langsung terlibat dalam perencanaan tujuan utama organisaai
Analisis kerjaan adalah proses sistimatis untuk menentukan keterampilan, tugas dan pengetahuan yang dibutuh kanuntuk  menjalankan suatu pekerjaan dalam suatuorganisasi.
Analisa pekerjaan dianggap penting 
karena setiap pekerjaan baru tercipta, pekerjaan lama menjadi terhapus atau dirancang ulang, analisa pekerjaan memberikan ringksaan mengenaikewajiban dan tanggung jawab suatu pekerjaan, hubungannya dengan pekerjaan lain,pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan dan lingkungan lingkungan kerja.
Analisa pekerjaan dilaksaanakan pada tiga saat 
: 1.pada saatorganisasi didirikan 2.ketika tercipta pekerjaan baru 3. Ketika pekerjaan berubah signifikankarena teknologi
Deskripsi pekerjaan
adalahdokumen yang memberiinformasi berkenaan dengantugas, kewajiban dan tanggung jawab suatu pekerjaan. Deskripsipekerjaan memberikan peryataan
yang ringkas mengenai apa yangdiharapkan untuk dikerjakan olehkaryawan, bagaimana merekamengerjakannya, kondisi-kondisidimana tugas dijalankan.
Spesifikasi pekerjaan
adalahkualifikasi minimum yang dapatditerima, yang harus dimilikiseseorang agar dapatmenjalankan pekerjaan tertentu
Perencanaan SDM (HRP)
Adalah proses sistimatis untuk mencocokan pasokan karyawan internal dan eksternal dengan lowongan pekerjaan yang diperkirakan muncul dalam organisasi di sepanjang periode waktu tertentu Perekrutan adalah prosesmenarik orang pada waktu yang tepat, dalam jumlah yang cukup dan dengan persyaratan yang layak untuk mengisi lowongan dalam organisasi Alternatif perekrutan alih daya,karyawan tidak tetap, organisasi pemberi kerja professional, kerja lembur Lingkungan eksternal perekrutan kondisi pasar tenaga kerja,pertimbangan hukum Kebijakan promosi adalah sebuah proses dimana seseorang dapat memiliki kesempatan untuk menduduki jabatan diatasnya Model perekrutan internal
Pengumuman pekerjaan
adalahprosedur untuk memberikanInformasi kepada karyawanmengenai adanya lowonganpekerjaan.
Pengajuan pekerjaan
 adalah prosedur yang memungkinkan para karyawanyang yakin bahwa mereka memenuhi persyaratan yangdiminta untuk melamar padaposisi lowong yang di umumkan
Referensi karyawan
Adalah penunjukan karyawan berprestasiuntuk mengisi tempat yangkosongSumber-sumber perekrutaneksternal: SMA SMK, communitycollege, akademi universitas,pesaing dalam pasar tenagakerja, mantan karyawan,pengangguran, personil

Tidak ada komentar:

Posting Komentar